Kamis, 15 Desember 2011

Membuat Daftar Posting Terbaru Berdasarkan Label atau Kategori


Salam Blogger....
Kali ini kita akan berbagi tentang cara menampilkan daftar postingan blog berdasarkan kategori. Jika pada website yang umum biasanya disebut pengelompokan kategori. Tapi kalau dalam bahasa inggrisnya "Recent Post" berdasarkan label.

Memang sih, jika kita membuat blog yang memiliki banyak label/kategori, kadang ingin memunculkan beberapa postingan/berita/ terbaru pada setiap label tersebut disuatu tempat.
Silahkan masuk ke kontrol panel blog anda lalu pilih layout >Elemen Halaman. Lalu, cari dan klik Add Element (add a gadget) tempat dimana anda ingin meletakkan daftar postingan berdasarkan kategorinya nanti.


Setelah mengklik tambah elemen, maka akan muncul popup yang berisi banyak pilihan elemen atau gadget. Silahkan pilih FEED dan klik tanda tambah.Lihat Gambar di bawah:


Setelah anda klik maka akan muncul form untuk mengisi alamat FEED. Seperti gambar berikut:



Kini saatnya kita kan masuk pada intinya. Masukkan Feed Url kategori dari blog anda. Sebagai contoh, jika misalnya anda ingin membuat daftar postingan berdasarkan kategori News. Maka alamat Feednya adalah http://bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default/-/NewsKenapa kita pakai kata News pada alamat Feed tersebut. Jawabanya karena labelnya atau kategorinya ber-URL atau memakai kata News pada alamat label aslinya. Di mana alamat aslinya? ini adalah alamat aslinya: http//bloganda.blogspot.com/search/label/News

Contoh aplikasinya di musikji.net perhatikan label Hot News dan daftar Hot Music Info. Kami membuat kategori hot news dengan label News. Feed url adalah
http://www.musikji.net/feeds/posts/default/-/News
Sedangkan alamat label aslinya http://www.musikji.net/search/label/News

Nah kita lanjut, silahkan isi feed url di form lalu tekan continue atau selanjutnya.




Setelah itu maka akan muncul form selanjutnya yang berisi preview daftar posting berdasarkan kategori yang anda masukkan. Ganti judulnya sesuai keinginan lalu Save.

Setelah disave silahkan lihat hasilnya. Mantap kan?

Jika Label atau kategori menggunakan dua kata dan dipisahkan spasi. Maka ditengah-tengah label tersebut disisipkan persenduapuluh. Pusingkan? contoh feed url: http://www.musikji.net/feeds/posts/default/-/New%20Album
Perhatikan diantara karakter yang berwarnah merah diantara New dan Album.
Akhirnya lagunya selesai bro.....

Tidak ada komentar: